Game Tic Tac Toe Minion Intelligent
Intial State
Game Minion Intelligent ini
merupakan permainan tic – tac – toe 5x5 yang terdiri dari 25
petak kosong yang tersusun oleh 5
baris dan 5 kolom yang nantinya akan digunakan dalam permainan.
Permainan ini menggunakan 2 karakter yaitu karakter Minion Kuning yang digunakan untuk user dan karakter Minion Ungu yang digunakan oleh ai/komputer.
Permainan ini dimainkan oleh 1 user, sedangkan ai/komputer bertindak sebagai lawan. Pada tampilan awal
permainan ini, terdapat 3 menu yang diantaranya adalah menu Mulai untuk memulai permainan,
menu Tentang Game yang berisi keterangan pembuat game dan program aplikasi yang
digunakan untuk membuat game, dan menu Keluar untuk keluar dari window game. User akan melihat menu
game dan bisa langsung memulai permainan dengan mengklik menu mulai yang ada di tampilan awal permainan ini. Setelah masuk ke menu mulai permainan ini, terdapat tampilan menu yang bertujuan
untuk membantu user. Tampilan menu tersebut berisi New Game, About , Help, dan Exit. Pada game ini juga terdapat waktu untuk batas cepat dan lamanya user dalam
menyelesaikan permainan.
Saya memilih game tic tac toe ini
karena saya tertarik untuk mengasah logika dan menggunakan karakter Minion pada
game ini karena saya sangat suka karakter kartun Minion yang lucu dan
menggemaskan.
RULES
Berikut ini adalah aturan dalam permainan Minion Intelligent :
1. Pada games ini papan terbentuk atas 5 kolom dan 5
baris (5×5).
2. User dilambangkan dengan karakter TIM Minion berwarna kuning dan AI/Komputer
dilambangkan dengan TIM Minion berwarna ungu.
3. User mempunyai hak untuk giliran pertama.
4. Taruhlah objek anda pada kolom yang ada, setelah itu
AI Computer yang mendapat giliran selanjutnya. AI Computer berusaha untuk
menghalangi user membentuk garis horizontal, vertikal maupun diagonal dari tiga
objek user. Begitupun sebaliknya, user juga akan menghalangi AI Computer
membentuk garis horizontal, vertikal maupun diagonal dari tiga objek AI.
5. Pemenangnya ditentukan berdasarkan pemain pertama yang
dapat membuat lima objek pemain masing-masing berhimpitan membentuk garis
vertikal, horisontal atau diagonal.
6. Apabila tidak ada pemain yang dapat membentuk garis
vertikal, diagonal, atau horizontal dari lima objek pemain secara
berhimpitan, maka permainan berakhir seri (draw).
GOALS
Gambar diatas adalah tampilan ketika
user menang dari ai pada permainan ini.
Gambar diatas adalah tampilan ketika
user kalah dari ai pada permainan ini.
Gambar diatas adalah tampilan ketika
user dan ai mengalami draw pada permainan ini.
Pada
tampilan pertama, user dinyatakan telah menang,
karena kesalahan langkah AI. Pada tampilan kedua, user
dinyatakan kalah karena AI berhasil
menyelesaikan deter terlebih dahulu. Sedangkan pada tampilan ke tiga, User dan AI sama-sama
belum dapat menyelesaikan deret hingga kolom penuh.
KONSEP
AI
Game Minion Intelligent ini
adalah sebuah game yang berbasis AI (Artificial Intelliginece) atau kecerdasan
buatan. Kecerdasan buatan dapat diterapkan atau dimplementasikan kedalam
berbagai bentuk aplikasi. Bentuk implementasi yang paling mudah untuk diukur
tingkat keberhasilan dan cukup digemari oleh sebagain besar publik yaitu pada
games atau permainan. Game ini dibuat berfikir layaknya seorang manusia hingga
dapat dikatakan cerdas.
Pada game ini, kita menggunakan algoritma minimax. Algoritma minimax itu sendiri merupakan algoritma yang
digunakan untuk menentukan pilihan agar memperkecil kemungkinan kehilangan
nilai maksimal. Algoitma ini diterapkan dalam permainan yang melibatkan dua
pemain seperti halnya Minion Intelligent
ini. Aplikasi algoritma minimax pada games ini adalah komputer dapat menyerang
user dimana komputer bisa berpikir kapan komputer menyerang user dan kapan
komputer bertahan. Diharapkan akan hasil game yang interaktif dengan menerapkan
algoritma minimax ini sebagai pondasi suatu kecerdasan buatan pada permainan.
Maksud dari menyerang user adalah komputer dapat
memenangkan permainan ini atau dengan kata lain mencapai goal (tujuan). Kemudian maksud dari bertahan adalah
berusaha menggagalkan kesempatan untuk menang yang diraih oleh user. Oleh sebab
itu, langkah komputer(lawan) menyerang disebut juga maximizing player dan
langkah computer (lawan) bertahan
disebut juga minimizing player.
Algoritma minimax merupakan basis dari semua permainan
berbasis Artificial Intelligence, dimana algoritma ini akan melakukan pengecekan
pada seluruh kemungkinan yang ada sampai akhir permainan dilakukan. Pengecekan
tersebut akan menghasilkan pohon permainan yang berisi semua kemungkinan
tersebut.
ALGORITMA
YANG DI PAKAI
Penulisan program untuk game ini
menggunakan bahasa pemrograman Strawberry Prolog dengan menggunakan
prinsip Artificial Intelligence (kecerdasan buatan). Adanya kecerdasan buatan pada game ini yaitu dari komputer yang bertindak sebagai lawan bagi player yang
dapat memikirkan langkah-langkah yang tepat layaknya manusia yang berpikir. Adanya AI akan mempersulit userr dalam mencapai goal dan membuat
permainan menjadi menarik. Untuk pergerakkan komputer inilah maka dibutuhkan
sebuah algoritma yang baik.
Pada game ini digunakan Algoritma Minimax. Minimax
merupakan algoritma AI yang sering digunakan untuk membuat AI jenis decision.
Tugas dari minimax adalah memetakan seluruh kemungkinan permainan dimana
masing-masing hasil akhir permainan punya nilai Heuristik. Tujuan dari minimax
adalah memilih peluang terkecil agent kalah atau memilih peluang terbesar agar
agent bisa menang. Algoritma
Minimax akan
membentuk sebuah fungsi untuk mengevaluasi tiap kemungkinan solusi dan
memberikan nilai untuk langkah yang berpeluang memenangkan permainan.
Kemungkinan terbesar untuk memenangkan permainan merupakan hasil dari penentuan
langkah, dan langkah tersebut ditentukan oleh hasil evaluasi fungsinya.
Minimax ini bekerja secara rekursif dengan mencari
langkah yang akan membuat lawan mengalami kerugian minimum. Semua strategi
lawan akan dihitung dengan algoritma yang sama dan seterusnya. Ini
berarti, pada langkah pertama komputer akan menganalisis seluruh pohon
permainan. Dan untuk setiap langkahnya, komputer akan memilih langkah yang
paling membuatlawan mendapatkan keuntungan minimum, dan yang paling membuat
komputer itu sendiri mendapatkan keuntungan maksimum.
DAFTAR PUSTAKA
·
http://www.google.co.id/search?um=1&hl=id&q=rifastropic&bav=on.2,or.r_gc.r_pw.r_qf.&bpcl=37189454&biw=1366&bih=679&ie=UTF-8&sa=N&tab=iw&ei=Kn6YULyPEsWqrAfepIG4Ag
13
13
Glousarium
1. Algoritma adalah
urutan langkah-langkah logis penyelesaian masalah yang disusun secara
sistematis dan logis.
2. Algoritma Minimax merupakan basis dari semua permainan berbasis AI
seperti permainan catur misalnya. AI permainan catur tentunya sudah sangat
terkenal dimana AI tersebut bahkan dapat mengalahkan juara dunia sekalipun.
Pada algoritma minimax, pengecekan akan seluruh kemungkinan yang ada sampai
akhir permainan dilakukan.
3. Artificial Intelligence adalah sesuatu buatan atau suatu tiruan yang cerdas.
Cerdas di sini kemungkinan maksudnya adalah kepandaian atau ketajaman dalam
berpikir, seperti halnya otak manusia dalam menyelesaikan suatu masalah.
4. Strawberry
Prolog adalah dialek dari Prolog bahasa pemrograman . Sintaksnya sangat dekat
dengan ISO-Prolog tapi itu memiliki banyak ekstensi yang bukan bagian dari
standar.
5.
Win_func():- = membuat
fungsi dengan nama win_func.
6.
Is bitmap_image() =
mendeklarasikan variabel gambar (.bmp)
7.
window(_,_,win_func(_)) =
membuat jendela window
8.
message(_,_,!) = membuat
kotak pesan
9.
draw_bitmap(_,_,_) =
mendeklarasikan gambar
10.
write(_) =
mencetak
11.
for(_,_,_) =
perulangan
12.
beep() =
mendekrasikan suara
13.
win_func(paint):- =
fungsi menggambar diwindow
14.
win_func(init) :- =
fungsi proses diwindow
15.
% = komentar
16.
Close_window(_) =
menutup window
17.
mouse_click(X,Y) =
proses klik pada mouse
18.
win_func(press) =
proses tekan pada mouse dan keyboard
19.
font(_) =
bentuk huruf
210.
text_out(_) =
mencetak huruf di window
211.
color_text(_) = warna
huruf




Tidak ada komentar:
Posting Komentar